Selasa, 20 Oktober 2009

Happily Ever After


Share/Save/Bookmark
postingan kali ini dibuat tanpa mengurangi rasa hormat terhadap siapapun.
gue cuma mau mengungkapkan apa yang gue pikir dan apa yang gue rasain.

terinspirasi gara-gara tanggal 18 oktober 2009 jam 10 pagi, seorang teman nge-tweet

"selamat kepada --sensor--, 28'08 yang (very unexpectedly) menikah bbrp waktu yang lalu. selamat menempuh hidup baru yo!"

gue kenal orangnya. 2808, angkatan gue. yang berarti dia seumur sama gue. yang berarti umurnya 19 tahun!
geger anak 2808 yang ada di dunia per twitteran maupun plurk karena gue re- post di plurk muahaha (berjiwa penggosip). habisss ini berita bahagia toh?


besoknya, gue ke kampus ngerjain tugas kelompok. salah satu temen kelompok gue angkatan 2005. pokoknya kita ngobrol-ngobrol dan akhirnya gue tau kalo dia udah punya anak. bukan itu aja, ternyata umur anaknya 5 tahun dan dia single parent. kalo lo liat orangnya, lo ga bakal percaya dia udah punya anak. badan nya-kurus-kayak-gila.

trus ada juga angkatan 2006 apa 2007 gitu. orangnya cantik, langsing tapi perutnya gendut. awalnya gue kira emang perutnya aja yang gendut, tapi kok makin lama makin besar ya? ternyata oh ternyata gue baru tau dari temen gue yang kenal dia, dia hamil anak keduanya. ANAK KEDUA! dan dia masih berkeluarga utuh (bukan single parent)

jujur aja semua fakta-fakta ini sangat mengagetkan gue.
mungkin pikiran gue yang masih norak apa gimana, cuman gue ga nyangka aja ternyata gue udah memasuki umur yang tua.
apa.... mereka yang masih terlalu muda?

senior gue yang punya anak umur 5 tahun itu umurnya 22 tahun, dia melahirkan pas umur 17.
dia cuma bilang kalo dia single parent dan gue ga pengen nanya-nanya juga. gue mencoba buat ga mikir macem-macem karena semua nya bisa aja terjadi. bisa aja dia emang memutuskan buat menikah pas umur 16 tahun kan? agak merasa bersalah deh soalnya pas dia ngasitau udah punya anak ekspresi gue kagetnya udah kayak apaan tau haha

men, gue aja beda umur sama adek gue yang paling kecil 15 tahun. jadi.... kalo dianalogiin sama aja kayak si dita anak gue dong??? hmhm



yea, hidup itu pilihan.
kalo biasanya orang masih pengen seneng-seneng dulu karena merasa masih muda, mereka udah memutuskan buat membangun sebuah keluarga.
mereka berani buat nanggung resiko kalo kehidupan mereka bakal sedikit berbeda dari teman-temannya.
ya iyalah, temen-temennya bisa pulang malem kalo malem minggu. sedangkan mereka? apa-apa mikirin keluarga.
gue ga tau ya, ini sih cuma persepsi gue doang sebagai orang awam.
temen-temen gue sih nanggepin nya secara santai karena di kampung aja umur 14 udah pada nikah.

14 TAHUN? gue masih bocah banget gitu
sekarang pun gue masih ngerasa bocah hahaha
maksud gue, gue ngerasa belom cukup dewasa buat itu semua
selain calonnya belom ada juga ya (curcol parah)
ngurus diri sendiri aja belom bener, gimana ngurus keluarga?

mungkin mereka merasa lebih bahagia dengan menikah
mungkin mereka udah menemukan soulmate mereka
mungkin mereka udah siap menerima tanggung jawab lain selain hidup mereka sendiri

dan ya, di mata gue mereka hebat
di luar desas desus orang yang entah menganggap hubungan ga bertahan lama atau menikah karena alasan lain, yang pasti mereka udah memilih untuk menjalani itu semua
hebatnya lagi, mereka masih kuliah loh
padahal bisa aja kan mereka tinggal dirumah dengan alesan ngurus anak&keluarga
jempol deh buat mereka (Y)

nyokap gue diceritain begini malah responnya "makanya kamu buruan cari pacar" JENG JENG
respon yang tidak membantu
nyokap gue aja nikahnya umur 26 tahun dan kalo jaman dulu segitu udah tua.

sekali lagi, gue nulis ini bukan untuk memojokkan pihak manapun yang ternyata memilih jalan yang sama. gue cuma... apa ya kata yang tepat? kagum? dengan kalian


congrats anyway, kalo kata ayu "wish you happily happy after" hehehe













0 comments: